Sunday, January 2, 2011

Harus Punya "70 Alasan" Untuk Tidak Menghakimi Sesama Muslim


Bismillahirrahmanirraahiim

Ada sebuah kisah menarik dari Imam Abu Hanifah.
Suatu ketika ada laki-laki yang mendatangi Imam Abu Hanifah mengadukan perihal orang lain yang dibencinya dan dianggapnya menyimpang. Laki-laki itu bercerita bahwa orang tersebut jika shalat tidak mau ruku’ dan sujud, suka makan bangkai, dan juga lari dari rahmat Allah Ta’ala. Demikianlah keadaan orang yang dibencinya itu, diceritakan oleh laki-laki tadi agar Imam Abu Hanifah ikut-ikutan mencela orang terebut.

Tapi apa yang terjadi? Justru Imam Abu Hanifah membela orang yang dianggap menyimpang itu. Imam Abu Hanifah juga tahu bahwa laki-laki ini mengadu karena didasari kebencian semata.

Imam Abu Hanifah mengatakan: “Orang itu adalah salah satu wali Allah.” Tentunya jawaban ini membuat kaget laki-laki tadi. Imam Abu Hanifah melanjutkan: “Jika dia shalat tanpa ruku dan sujud, karena yang dilakukannya adalah shalat jenazah. Jika dia makan bangkai, karena yang dia makan adalah ikan. Jika dia suka lari dari rahmat Allah, maka dia lari hujan, bukankah hujan itu rahmat Allah? Dan bukankah kita juga lari kalau turun hujan?”

Subhanallah.. Alhamdulillah...Allahu Akbar...

My MixPod